Wednesday, November 23, 2011

Ragnarok Online

• Tentang Ragnarok Online
Ragnarok Online (RO, bahasa Korea: 라그나로크 온라인) adalah sebuah MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game) dari Korea Selatan yang dibuat berdasarkan cerita dan latar belakang yang sama dari komik korea terkenal berjudul "Ragnarok" yang ditulis oleh Lee Myoung-Jin.
Komik ini kemudian dikembangkan menjadi sebuah game online yang memfokuskan fitur komunitas antar pemainnya. Game ini dibuat oleh Gravity Corporation. Pada hari Rabu, selalu diadakan maintenace minggu yang mana client RO selalu diperbarui setiap saat untuk menambah kenyamanan bermain serta menambahkan hal-hal, barang, kota-kota baru, maupun event tertentu.
Hampir seluruh versi resmi (official) RO sudah memasuki masa komersil di mana pemain harus membayar untuk bermain (pay-to-play). Perlu dibedakan, terdapat pula [Program Illegal] yang merupakan server tidak official (ilegal) dan tidak ada toleransi dari Gravity serta penyelenggara RO di seluruh belahan dunia.

• Inti Permainan
Dalam permainan ini, yang berlatar di dunia Rune Midgard, tidak ada jalan cerita sehingga pemain bebas melakukan apa yang diinginkan, walaupun ada beberapa cerita sampingan atau quest yang dibuat oleh pengembang game. Sistem tanpa cerita ini membuat pemain sangat leluasa. Walaupun demikian, seperti pada umumnya game MMORPG, pada umumnya yang dikejar oleh pemain adalah kenaikan level (atau lebih dikenal dengan istilah leveling) sampai level maximal, dalam Ragnarok Online yang resmi, batas maximal adalah 99.
Level pemain dalam RO terbagi 2, base level dan job level. Base level adalah level karakter seseorang yang berpengaruh pada statusnya sedangkan job level memengaruhi kemampuan profesi karakter pemain. Status karakter ada 6 macam yaitu STR (Strength), INT (Intelligence), DEX (Dexterity), LUK (Luck), VIT (Vitality), AGI (Agility) dan pemain bebas menaikkan status yang ia mau.
Kenaikan level (level up) dapat dicapai dengan cara membunuh monster-monster yang tersebar di berbagai tempat, lazimnya ada 2 tipe tempat, yang paling mudah dikenali adalah tempat yang "tertutup" atau lebih sering disebut sebagai dungeon dan tempat terbuka. Membunuh monster memberi pemain 2 macam experience (exp) point, yang dihitung ke base level dan job level. Apabila karakter sudah mengumpulkan exp yang cukup maka level karakter akan naik.
Sistem ekonomi RO dijalankan dengan mata uang Zeny dan berjalan sesuai dengan hukum pasar, terutama oleh penjualan barang-barang langka yang tidak bisa ditemukan di toko yang berputar di kalangan pemain berlevel tinggi.

• Sistem Yang Benar-benar Seperti Dunia Nyata
- Adopsi
- Menikah
- Berdagang
- Player vs Player ato bahasa sehari2nya berantem
- War Of Emperium [Perang yang bersifat "terbuka" artinya "bebas" arti lainnya semua job boleh ikut serta]
- Body Guard
- Upgrade senjata / armor
- Hunting / Berburu

• Kota
- Prontera, Ibukota
Prontera adalah ibukota Kerajaan Rune Midgard, suatu kota yang amat maju. Kota ini memiliki banyak bangunan bersejarah seperti Sanctuary, Kavaleri Prontera, dan Istana besar Prontera sebagai lambang Prontera. Anda juga dapat menemukan air mancur yang amat indah di tengah kota, tempat favorit untuk chatting atau berjualan. Menurut cerita original komiknya, setiap tahun diselenggarakan Turnamen Besar di kota ini, dan ‘Chaos’ sang tokoh utama telah memenangkannya 2 kali.... Anda bisa menjadi Knight atau Acolyte di Prontera ini.

- Izlude, Kota Satelit
Izlude adalah kota kecil di Rune Midgard. Di sini ada kapal yang dapat membawa kita berkeliling ke Alberta, dan pergi berpetualang ke dungeon yang penuh dengan kejutan, Byalan. Di Izlude, Anda bisa merubah profesi menjadi Swordman. Disini juga terdapat Battle Arena, tempat Anda beradu kesaktian dengan pemain lain.

- Morroc, Kota Perbatasan
Jika Anda berjalan ke arah Barat Daya dari kota Prontera, Anda akan tiba di Oase terpencil, ditengah Padang Pasir Besar. Salah satu dari perkumpulan Thief yang terkenal memiliki pengaruh yang kuat di Morroc, sehingga kerajaan Rune-Midgard mengalami kesulitan kesulitan bila ingin membuat Morroc bersatu. Dalam Komik Ragnarok, Loki sang pembunuh rahasia berasal dari sini. Industri katun adalah mata pencaharian utama di daerah ini. Hasilnya telah terkenal dan disebarkan ke seluruh dunia melalui kota pantai Alberta. Karena itulah mengapa orang yang hidup di ‘tanah terbuang’ ini amat makmur, meskipun cuacanya amat buruk. Bila Anda ingin menjadi Thief, maka Anda harus mampir ke kota ini.

- Geffen, Kota Sihir
Geffen terletak di sebelah Barat Laut dari kota Prontera di dekat perbatasan Rune-Midgard dan Negara Persemakmuran Schwarzwald. Merupakan kota yang tenang namun misterius, dan memiliki Menara Sihir raksasa di tengah-tengah kota yang merupakan tempat ‘the Great Stone of Mana’. Tidak ada seorangpun yang tahu kapan dan oleh siapa menara ini dibuat, tapi yang pasti seorang Magician yang amat hebat berdiam di menara ini dan mendirikan Sekolah Sihir yang terkenal. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang penyihir yang hebat, maka Anda harus mengunjungi sekolah ini, dan melewati ujian Penyihir.

- Aldebaran, Kota Kanal
Aldebaran adalah desa baru yang terletak di Utara Gunung Mjonir, yang memiliki pemandangan alam yang amat indah. Bila Anda ingin membuat items, maka Anda harus datang ke kota ini. Aldebaran adalah sebuah tempat yang amat penting dalam industri di Rune-midgard. Pada komiknya, Aldebaran terletak di daerah paling selatan dari Negara Persemakmuran Schwarzwald, namun di Ragnarok Online tempat ini berada di Utara Midgard, di atas Gunung Mjonir. Aldebaran juga terkenal karena Akademi Chemicalnya, yang memungkinkan seseorang untuk menjadi seorang Alchemist.

- Payon, Kota Para Pendaki
Payon merupakan desa kecil dengan suasana Korea yang kental. Menurut cerita komik Ragnarok, desa ini juga merupakan kota asal dari Iris Irine. Gunung-gunung yang hijau dan hutan yang mengelilinginya membuat penduduk yang tinggal disini merasa amat nyaman, jauh dari kebisingan dunia luar. Sebagian besar penduduk disini ahli dalam menggunakan panah, karena itu lalu didirikan sebuah Perkumpulan Archer di atas bukit di pinggir kota Payon. Bila Anda ingin menjadi pemanah yang ulung, maka Anda bisa mengunjungi Payon.

- Alberta, Pelabuhan
Alberta merupakan kota pelabuhan yang terletak di Tengara Prontera. Karena cuaca yang sangat buruk yang terjadi belakangan ini, maka perdagangan antara Alberta dan Negara Persemakmuran Schwarzwald menjadi terganggu. Hal ini menyebabkan para pedagang menggunakan jalur darat untuk keperluan bisnis mereka. Karena perdagangan merupakan hal yang vital, maka di kota ini dibangun sebuah Perkumpulan Merchant. Bagi Anda yang ingin menjadi Merchant, maka Anda harus mengunjungi kota ini.

- Lutie, Kota Natal
Lutie ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pengembara, sewaktu ia menjelajahi padang salju yang amat luas di daerah utara. Penemuannya ini telah membuat banyak orang di dunia Rune-Midgard menjadi penasaran. Selama berabad-abad Lutie mengisolasi diri dari dunia luar. Namun akhir-akhir ini, seorang manusia yang jahat, Antonio.. Para warga Lutie yang mengabdikan hidup mereka untuk kesenangan dan kebahagiaan anak-anak di seluruh dunia, menjadi putus asa dan akhirnya mereka menghubungi Kafra Corp.

- Comodo, Kota Impian
Comodo adalah sebuah pulau berpantai yang berlokasi di bagian selatan yang sangat jauh dari Rune Midgard. Untuk mencapai kesana, kamu harus melalui area padang alang-alang yang liar, menyeberangi sungai yang luas, dan memasuki gua raksasa dimana terdapat monster-monster berbahaya. Dikarenakan Comodo merupakan daerah yang terpencil, matahari tidak bersinar di Comodo. Kamu akan terpesona oleh kemilaunya bulan yang biru dan kehidupan malam yang menyenangkan di Comodo. Kamu bisa berubah menjadi Dancer di kota Comodo ini.

- Juno, Kota Angkasa yang Terlupakan
Ada sebuah kota benteng pertahanan yang melayang-layang di dunia Rune Midgard. Banyak yang takjub terhadap kota yang misterius itu. Ada rumor yang mengatakan bahwa pintu gerbang kota misterius tersebut telah dibuka. Hanya dapat membayangkan satu, apakah yang mengintai di dalam kota di atas langit : JUNO. JUNO terletak di suatu tempat di dunia Rune Midgard. Ada rumor yang mengatakan bahwa kota yang indah tersebut terletak di sebelah Utara Rune Midgard. Kamu bisa berubah menjadi Sage di kota Juno ini.

- Amatsu, Sakura
Sebuah kota baru telah muncul, kota yang dipenuhi oleh keindahan dan juga cerita legenda yang menarik, yang mengundang kita semua untuk mencari kebenarannya. Kota Amatsu adalah kota dengan nuansa tradisional Jepang yang dipenuhi oleh bunga sakura. Kita bisa menikmati keindahan bunga sakura yang mulai mekar dan berguguran.

- Gonryun, Kota Langit
Sebuah kota yang melayang di angkasa, dikenal sebagai kota langit, akhirnya membuka dirinya. Kota ini mempunyai pemandangan terindah di dunia, dan bernuansa pegunungan. Kalangan umum menyebutnya kota Gonryun. Produk lokal spesialnya Bun dan peach sangatlah istimea.Tempat ini dahulu merupakan tempat para pertapa yang menganut aliran Taoisme untuk memperdalam ilmunya. Penguasa Gonryun telah bekerja sama dengan para pelaut Alberta untuk membuka jalur perjalanan Gonryun - Alberta.

- Umbala, Desa Rimba Misterius
Daerah Umbala terdiri dari sebuah desa dan 4 area map. Umbala dikelilingi oleh hutan yang berisi monster-monster baru yang menantang. Suku Wootan telah menunggu kamu dengan quest baru dan pemandangannya. Serta beranikah kamu menerima tantangan Bungee-Jumping di Umbala? Kunjungilah legenda alam , Umbala ^o^.

- Niflheim,Kota Para Hantu
Niflheim adalah kota Hantu, tidak ada sesuatu yang hidup disini. Menurut ceritanya tempat ini adalah dunia lain dimana setelah kita mati. Dunia ini amat dingin dan bukan merupakan tempat yang baik untuk dikunjungi. Banyak yang mengira kota Niflheim penuh dengan harta, dan mereka berjuang sampai akhir hayatnya untuk bisa datang kesini. Padahal mereka tidak tahu tempat apa sebenarnya ini !!! Jadi, pastikan semuanya terlebih dahulu, siapkanlah hati kamu. Jika tidak, maka tidak ada yang tau apa yang akan terjadi dengan kamu di sana.. buuu... huuu... hu... >.<

- Ayothaya, Kota Emas
Ayothaya adalah sebuah kota rekaan dengan berciri khas Negara Thailand . Dalam kota Ayothaya digambarkan suatu keunikan bangunan yang berciri khas Negara Thailand, NPC yang bergaya kickboxing, makanan yang pedas dan keindahan pantainya. Ternyata setelah melakukan beberapa penelitian, Ayothaya mempunyai sebuah mitos tersendiri tentang masa lalu dari kota ini. Hal ini diceritakan oleh salah satu penduduk Ayothaya, mitos ini dikenal dengan nama Shaming Tiger .

- Jawai, Pulau Kasih Sayang
Akhirnya dengan kerja keras dibuatlah sebuah tempat yang bernuansa romantis dan indah. Raja Tristan III memberikan nama tempat ini Jawaii. Tempat ini bukan hanya untuk pasangan yang baru saja menikah tetapi juga ditujukan pada pasangan yang sudah pernah menikah. Nuansa di tempat ini dibuat sangat romatis dengan hiasan bunga dan latar belakang pantai. Tidak lupa juga dengan hotel dan bar yang lengkap

- Louyang, Kota Legenda Naga
Lou Yang merupakan sebuah kota tertutup dan memiliki sebuah kastil tersendiri yang terkenal dengan nama Kastil Naga . Para petualang tentunya sudah tidak aneh lagi jika mendengar nama kota ini sebab kota ini terletak di jalur menuju kota Amatsu dan Gonryun. Kota ini sudah selama 40 tahun tertutup untuk masyarakat luar dengan alasan keamanan dan juga kekuasaan pemerintahan.

- Hugel, Taman Dewa Odin
Hugel adalah desa yang tenang, memiliki banyak permainan yang bervariasi untuk para wisatawan yang berkunjung. Hugel juga merupakan markas baru bagi Perkumpulan Hunter.Banyak para petualang yang menikmati kota Hugel, dikota ini dapat ditemui dua macam permainan yang menarik yaitu permainan Bingo dan Monster Race.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More